Tuesday, August 17, 2010

Kiat Menurunkan kadar asam urat

                Asam urat merupakan hasil akhir metabolisme purin. Kadar asam urat diatas normal disebut Hiperurisemia. Hiperurisemia ini dapat menimbulkan masalah pada ginjal, saluran kencing dan persendian. Kristalisasi natrium urat dalam dalam jaringan lunak dan persendian akan membentuk endapan yang menyebabkan peradangan akut. Yaitu arthritis gout akut, yang dapat berlanjut arthritis gout kronis. Peradangan ditandai dengan adanya rasa nyeri, kaku, pembengkakan, kemerahan dan rasa panas pada persendian lutut, jari tangan, jari kaki dan pergelangan tangan .
            Penimbunan asam urat di dalam darah dalam waktu lama, dapat menyebabkan terjadinya pengendapan asam urat di dalam ginjal sehingga terjadi batu ginjal. Kadar asam urat normal pada pria dan perempuan berbeda. Kadar asam urat normal pada pria berkisar  3,5-7 mg/dl dan pada perempuan 2,6-6 mg/dl. Pada umumnya yang terserang asam urat adalah pria, sedangkan pada perempuan persentasenya kecil dan baru muncul setelah menopause. Hal ini disebabkan karena perempuan mempunyai hormone estrogen yang ikut membantu pengeluaran asam urat melalui urin. Kadar asam urat kaum pria cenderung meningkat sejalan dengan peningkatan usia.
            Dalam kondisi normal, asam urat akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urine (70%)dan feses(30%), tetapi pengeluarannya akan terganggu jika fungsi ginjal terganggu, sedang sakit diabetes, kelainan genentik (kelainan enzim), obesitas dan konsumsi makanan tinggi purin secara berlebihan. Kadar asam urat dalam darah melebihi batas normal jika terjadi peningkatan sintesa asam urat dan terhambatnya ekspresi (pengeluaran)asam urat.

            Ada beberapa macam pengobatan dengan herbal, antara lain:
1.       Kemangi, penelitian yang dilakukan oleh dr. setyo purwono M.Kes.Sp.PD secara in vivo didapatkan hasil bahwa kemangi ampuh menurunkan kadar asam urat .
2.       Daun jambu muda. Daun jambu muda dikeringkan, bersihkan bulu- bulunya,sekitar 9-15 gr dicuci bersih dan direbus dengan 3 gelas air hingga 2 gelas. Minum 1 gelas 2 kali sehari
3.       Daun bambu kaya flavon dapat menghambat oxsidasi Xantin menjadi asam urat.

No comments:

Post a Comment